Rabu, 23 Februari 2011

10 Binatang Paling Beracun Di Dunia

1. Box Jellyfish

(Image credits: jlambusphotography)
Hadiah utama bagi "Binatang Paling Beracun Di Dunia," akan di kirimkan ke Jellyfish Box atau Ubur-Ubur Kotak. Hewan ini telah menyebabkan kematian sedikitnya 5.567 tercatat sejak 1954. Racun mereka adalah di antara yang paling mematikan di dunia. Racunnya dapat menyebabkan serangan jantung, sistem saraf, dan sel-sel kulit. Dan bagian terburuk dari itu adalah bahwa racun kotak jelly begitu overpoweringly menyakitkan, ketika korbannya manusia dia akan langsung shock, sekarat atau meninggal karena gagal jantung bahkan sebelum mencapai pantai untuk diselamatkan. Apabila bertahan selama seminggu korban akan mengalami rasa sakit yang luar biasa setelah kontak dengan ubur-ubur kotak.
Anda hampir tidak memiliki kesempatan untuk bertahan hidup  ketika disengat hewan ini, kecuali segera cepat diobati. Setelah sengatan, cuka harus diterapkan untuk minimal 30 detik. Cuka asam asetat, yang menonaktifkan kotak jelly's nematocysts (sejenis racun) yang belum dibuang ke aliran darah (meskipun itu tidak akan mengurangi rasa sakit). Kita harus ekstra hati-hati, Memakai stoking sambil berenang juga merupakan alat pencegahan yang baik karena dapat mencegah sengatan dari ubur-ubur ini.
Ubur-ubur kotak ini
dapat ditemukan di perairan sekitar Asia dan Australia.
 

2. King Cobra

(Image credits: Enygmatic-Halycon)
The King Cobra (Ophiophagus hannah) adalah ular berbisa terpanjang di dunia  - tumbuhnya bisa mencapai 5,6 m (18,5 ft). Ophiophagus, secara harfiah berarti "ular pemakan" karena King Kobra adalah ular kanibal. Salah satu gigitan ular yang mematikan ini dapat dengan mudah membunuh manusia. Ular ini bahkan mampu membunuh Gajah Asia dewasa dalam waktu 3 jam, coba bayangkan ketika manusia yang digigit ular ini.
Racunnya tidak terlalu beracun seperti ular berbisa lainnya, namun King Cobra mampu
menyuntikan 5 kali  racun lebih banyak dari Ular Black Mamba dan dapat menyebabkan kematian 5 kali lebih cepat dibandingkan dengan Ular Black Mamba. biasa ditemukan di Selatan dan Asia Tenggara, mereka tinggal di dataran tinggi dan hutan lebat.

3. Marbled Cone Snail

(Image credits: Wikipedia)
Siput/Bekicot Marbled Cone seperti hewan lain dalam daftar ini memiliki racun yang sangat mematikan. Satu tetes racun yang yang ia keluarkan dapat membunuh lebih dari 20 manusia. Habitatnya berada di lingkungan air garam hangat (di mana siput ini sering ditemukan), jangan pernah berpikir untuk memungutnya. Tujuan sebenarnya dari racun yang ia keluarkan adalah untuk menangkap mangsanya.
Gejala sengatan siput marbled cone ini akan berpengaruh selama berhari-hari. Menghasilkan rasa sakit, bengkak, mati rasa dan kesemutan. Kasus yang parah melibatkan kelumpuhan otot, perubahan penglihatan dan kegagalan bernapas. Tidak ada antivenom/obat. Hanya sekitar 30 kematian manusia telah dicatat akibat sengatan hewan lunak ini.

4. Blue-Ringed Octopus

(Image credits: Tom Weilenmann)
Gurita Cincin Biru sangat kecil, hanya seukuran bola golf, tapi racun-nya begitu kuat sehingga bisa membunuh manusia. Ia membawa cukup racun untuk membunuh 26 manusia dewasa dalam hitungan menit, dan tidak ada obat atau penangkal dari racunnya. Mereka saat ini diakui sebagai salah satu hewan yang paling beracun di dunia .Gigitan menyakitkannya mengakibatkan kelemahan otot, mati rasa, diikuti dengan gagal paru-paru dan akhirnya mati.Mereka dapat ditemukan di kolam pasang di Samudera Pasifik, dari Jepang ke Australia.

5. Death Stalker Scorpion

(Image credits: furryscaly)
Kepercayaan populer masyarakat beranggapan sebagian besar kalajengking relatif tidak berbahaya bagi manusia, sengatannya hanya menghasilkan efek kecil (nyeri, mati rasa atau bengkak). Namun tidak dengan kalajengking yang satu ini.  Kalajengking Death Starker adalah spesies yang sangat berbahaya,  racun koktail neurotoksinnya menyebabkan rasa sakit yang tak tertahankan, kemudian demam, diikuti dengan koma, kejang, kelumpuhan dan akhirnya kematian. Sengatan menyakitkan dari kalajengking ini mungkin tidak bisa untuk membunuh seorang manusia dewasa yang sehat segar bugar. Tetapi anak-anak kecil, orang tua, atau orang yang sedang sakit, nyawa mereka dalam bahaya.
Kalajengking
Death Stalker tersebar di Afrika Utara dan Timur Tengah.

6. Stonefish

(Image credits: laszlo-photo)
Mungkin Stonefish tidak akan pernah memenangkan kontes kecantikan, tapi pasti akan memenangkan hadiah tertinggi untuk menjadi "Ikan Yang Paling Beracun dan Menyeramkan Di Dunia". Racunnya menyebabkan sakit parah dan korban yang terkena sengatan ikan ini tidak lama lama lagi anggota badan yang terkena harus diamputasi. Hal ini disertai dengan shock , kelumpuhan, dan kematian jaringan. Jika tidak diberikan perhatian medis dalam beberapa jam, maka dapat berakibat fatal bagi manusia.
Stonefish (Ikan Batu) menyimpan racunnya di duri yang tampak mengerikan yang dirancang untuk menyakiti calon predator.
Stonefish kebanyakan hidup di atas Semenanjung yang kering, sering ditemukan di perairan dangkal laut tropis Pasifik dan lautan India, mulai dari Laut Merah ke Queensland Great Barrier Reef di Australia.

7. The Brazilian wandering spider

(Image credits: Wikipedia)
Brasillian Wandering Spider (Phoneutria) atau biasa disebut Laba-laba Pisang muncul dalam Guinness Book of World Records 2007 untuk laba-laba yang paling berbisa dan laba-laba yang bertanggung jawab atas kematian banyak manusia.
laba-laba ini diyakini memiliki racun neurotoksik paling kuat dari setiap laba-laba hidup di planet kita. Hanya 0.006mg (0.00000021oz) sudah cukup untuk membunuh tikus. Mereka juga sangat berbahaya karena sifat mereka mengembara/sering berpindah-pindah tempat. Mereka sering bersembunyi pada siang hari di daerah dengan populasi manusia mereka suka berada di dalam rumah, pakaian, sepatu, dan mobil.
gigitan berbisanya tidak hanya menyebabkan rasa sakit, racun laba-laba ini juga dapat menyebabkan - ereksi
priapisme (untuk Pria) yang menyebabkan tidak nyaman pada kemaluan yang berlangsung selama berjam-jam yang mengarah ke impotensi.

8. Inland Taipan

(Image credits: kleinmatt66)
Taipan Australia. Hanya satu gigitan dari ular ini mengandung cukup racun untuk membunuh 100 orang manusia dewasa atau sekumpulan dari 250.000 tikus. racunnya paling tidak 200 - 400 kali lebih beracun dari kobra biasa. racunnya neurotoksik dan dapat membunuh seorang manusia dewasa hanya dalam 45 menit. Untungnya ular ini sangat pemalu dan sampai saat ini tidak ada dokumentasi korban jiwa manusia. (semua yang terkena gigitan diobati dengan antivenin).

9. Poison Dart Frog

(Image credits: ucumari)
Jika berjalan melalui hutan hujan di suatu tempat di Tengah atau Amerika Selatan, jangan pernah mengambil katak indah dan berwarna-warni ini mungkin saja itu Katak Dart Poison atau biasa disebut Katak Panah. Katak ini mungkin binatang yang paling beracun di bumi. Katak ini memiliki panjang sekitar 2 inch(5cm). Memiliki cukup racun untuk membunuh 10 manusia dewasa atau 20.000 tikus. Hanya dengan 2 mikrogram racun yang dikeluarkannya mampu membunuh mamalia besar, manusia atau makhluk besar yang lainnya. Mereka disebut "katak panah" karena menggunakan Amerindian Sekresi yang beracun. Mereka meracuni ujung lidah mereka. Racun katak panah akan masuk ke dalam kulit korbannya dan akan jatuh sakit atau akan membunuh siapa saja yang menyentuh atau memakannya.

10. Puffer Fish

(Image credits: Wikipedia)
Ikan Puffer (Ikan Fugu) adalah vertebrata kedua yang paling beracun di dunia (yang pertama adalah Katak Panah diatas). Daging dari beberapa spesies ikan terlezat di Jepang dan Korea, tetapi masalahnya adalah bahwa kulit dan organ-tertentu tertentu dari ikan fugu ini sangat beracun bagi manusia.
Sengatan ikan ini menghasilkan kematian yang cepat. Keracunan Ikan Fugu dapat menyebabkan mematikan lidah dan bibir, pusing, muntah, denyut jantung cepat, kesulitan bernapas, dan kelumpuhan otot. Korban bahkan bisa meninggal akibat lemas karena otot diafragma yang lumpuh. Sebagian besar korban meninggal setelah 4 sampai 24 jam. Tidak ada penawar yang diketahui, kebanyakan kematian dari ikan fugu ini terjadi ketika sang juru masak/koki yang belum terlatih mempersiapkan hidangan ikan fugu ini.
Statistik menunjukkan bahwa ada 20-44 insiden keracunan fugu per tahun antara 1996 dan 2006 di seluruh Jepang dan 6 insiden per tahun menyebabkan kematian. Karena racun Ikan Fugu bisa menyebabkan kematian yang seketika, hanya koki berlisensi yang diperbolehkan untuk mempersiapkan hidangan Ikan Fugu, Lisensinya pun sangat sulit didapatkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers